Dengan berbagai macam beasiswa yang ditawarkan banyak lembaga saat ini, mengenyam pendidikan di luar negeri rasanya bukanlah hal yang tidak mungkin. Jika kamu berniat untuk kuliah di Belgia, ada banyak beasiswa yang bisa membawamu ke negara asal Tin-Tin ini, lho! Apa saja beasiswa yang juga diperoleh sebagian anggota PPI Belgia tersebut? Di bawah ini sejumlah informasi beasiswa yang dapat kamu akses. 

So, are you the next one?

1. VLIR-OUS

VLIR-UOS adalah beasiswa dari Belgian Flemish Government yang ditujukan bagi mereka yang berusia maksimal 35 tahun dan berasal dari 31 negara (salah satunya Indonesia) untuk menempuh studi di program master yang ada di berbagai universitas di wilayah Flanders, yakni kawasan Belgia yang berbahasa Belanda. VLIR-UOS juga menawarkan beasiswa untuk mengikuti short training

Secara umum, persyaratan yang diminta meliputi motivation letter, surat rekomendasi, CV, ijazah dan transkrip, serta identitas diri (paspor).

Persyaratan, tata cara pendaftaran dan tenggat waktu beasiswa tersebut sangat bergantung pada program studi dan universitas yang kamu pilih. Untuk itu, para pendaftar diminta agar jeli saat mencari informasi mengenai beasiswa ini, terutama saat mengecek website program studi yang dituju. Tetapi, umumnya pendaftaran beasiswa dan program studi terintegrasi, jadi  kamu tidak perlu mengajukan dua aplikasi.

BENEFIT

Beasiswa ini mencakup tiket pulang pergi, asuransi, biaya bulanan (€1150)*, tuition fee, dan beberapa pembayaran lainnya. Beasiswa ini juga tidak menutup kemungkinan terbuka bagi fresh graduate, maupun untuk kamu yang sudah menempuh jenjang S2 sebelumnya. 

Informasi lengkapnya silahkan cek di laman VLIR-OUS

Jika kamu ingin mengetahui pengalaman pribadi dan lika-liku beasiswa ini, cek personal blog dari  awardee VLIR-OUS 2017 Anggarani Fatmawati yang menempuh Master of Transportation Sciences on Road Safety in Low and Middle Income Countries di Universitas Hasselt.

2. Master Mind

Mastermind adalah beasiswa dari Flemish Ministry of Education untuk program master di Flanders dan Brussels. Nominal beasiswa adalah 8000 euro per kalender akademik.

List universitas yang memiliki program beasiswa mastermind adalah:

KU Leuven / University of Leuven
University of Antwerp
Ghent University
Hasselt University
Vrije Universiteit Brussel

Jurusan:

semua jurusan master program di universitas-universitas dalam list di atas eligible untuk beasiswa Mastermind

Persyaratan:

  1. IELTS overall score min. 7.0 or TOEFL IBT min 94
  2. GPA min 3.5 out of 4.0
  3. Official Letter of Acceptance (LoA)
  4. Mastermind application form
  5. Motivation Letter
  6. Recommendation Letter
  7. Transcript and Diploma

3. Ghent University Top Up Grants

Tertarik melanjutkan studi master di Universitas Ghent, Belgia? Maka Ghent University Top-up Grants adalah salah satu alternatif beasiswa yang patut dicoba. 

Pendaftaran beasiswa ini terintegrasi dengan pendaftaran program studi pilihan. Dokumen yang disyaratkan meliputi dokumen umum, di antaranya scan identitas diri, ijazah (S1 atau S2 – bagi yang sebelumnya pernah kuliah S2 di luar Belgia), transkrip, sertifikat kemampuan berbahasa Inggris, surat motivasi (motivation letter), dan surat rekomendasi.

Mengingat tingginya persaingan para peminat beasiswa ini, pastikan dalam motivation letter bahwa kamu memang layak dan memenuhi kriteria penilaian. Penting juga untuk dicatat bahwa beasiswa ini bersifat parsial.

Benefit

Beasiswa ini meliputi biaya bulanan (654€), asuransi (all-in insurance), dan pembebasan dari handling fee yang harus dibayarkan ke Pemerintah Belgia dalam pengurusan visa. 

Keunggulan dari beasiswa ini adalah kebebasan bagi awardee untuk melamar ke penyedia beasiswa lain (karena bersifat parsial) sebagai co-funding dari beasiswa Top-Up Grants. 

Tiket perjalanan, dan sejumlah tuition fee, tidak termasuk dalam beasiswa ini. Tapi, bagi mahasiswa non-EEA penerima beasiswa ini akan membayar tuition fee yang sama besarnya dengan mahasiswa EEA (lebih murah dari pada non-EEA).

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa ini dapat dilihat melalui website resmi Ghent University Top Grants

4. InnoEnergy

Informasi lebih lanjut cek di sini: https://www.innoenergy.com/for-students-learners/master-school/

5. BOF

Informasi mengenai Beasiswa University Research Fund (BOF) dapat dicek di masing-masing website universitas.

6. Erasmus

Beasiswa Erasmus+ merupakan beasiswa dari Uni Eropa untuk jenjang S2 maupun S3 di berbagai universitas yang ada di Eropa sesuai dengan program studi yang ditawarkan. Tetapi, tidak berarti kita bisa mendaftar dengan bebas dimana saja, universitas yang dapat dipilih merupakan bagian dari konsorsium program Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD), jadi tidak semua universitas di Belgia dapat dipilih. Konsorsium merupakan gabungan dari universitas-universitas yang menyelenggarakan program EMJMD di berbagai bidang seperti dapat dilihat di link ini.

Jadi, apabila kamu terdaftar dalam program EMJMD, kamu akan berkuliah di beberapa universitas yang tergabung dalam konsorsium program tersebut, di mana salah satunya mungkin saja ada di Belgia. Lama waktu mobility berkisar 3 bulan – 1 tahun, tergantung dari kegiatan akademik masing-masing program.

Beberapa contoh program yang bekerja sama dengan universitas di Belgia adalah

International Master in Marine Biological Resources (IMBRSea) – Ghent University

Sustainable Territorial Development (SteDe) – KU Leuven

Erasmus Mundus Master of Science in Public Sector Innovation and eGovernance – KU Leuven

Biasanya pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Oktober/November dan ditutup sekitar bulan Februari untuk keberangkatan bulan September. Beasiswa ini mencakup biaya hidup, tuition fee, dan travel allowance. Secara umum persyaratan yang diminta antara lain CV, motivation letter, surat rekomendasi, TOEFL/IELTS, dan formulir pendaftaran yang dapat diunduh di website masing-masing program EMJMD.

Tata cara pendaftaran dan syarat lebih lengkap juga dapat ditemukan di dalam website program EMJMD tersebut. Tahap seleksi umumnya hanya mencakup seleksi administrasi/berkas, tetapi jika memang diperlukan maka dapat dilakukan wawancara melalui skype/telepon.

Selain untuk jenjang master, Erasmus+ juga menawarkan beasiswa S3 melalui skema Erasmus Mundus Joint Doctorate (EMJD) dan beasiswa Marie Curie. Terdapat pula kesempatan untuk melakukan exchange bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 serta bagi dosen/staf akademik melalui skema International Credit Mobility di mana info lebih lengkap dapat ditanyakan ke international office masing-masing kampus di Indonesia. Hingga saat ini, cukup banyak universitas di Indonesia yang bekerja sama dengan universitas di Eropa untuk menjalankan skema ini.

7. LPDP

LPDP merupakan salah satu beasiswa yg diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada masyarakat Indonesia (WNI) untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 dan S3 di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri, salah satunya di Belgia.

LPDP memiliki beberapa kategori beasiswa dan daftar tujuan perguruan tinggi yang menjadi rujukan penerima beasiswa LPDP dalam memilih program studinya, info lengkap.

Beberapa universitas di Belgia yang masuk ke dalam daftar perguruan tinggi tujuan LPDP (beasiswa afirmasi) adalah Ghent University, KU Leuven, dan Universitè Catholique de Louvain.

LPDP menawarkan beasiswa penuh (full scholarship) dan sebagian (partial scholarship – mulai tahun 2018). Beasiswa ini mencakup biaya visa, transportasi (pulang pergi Indonesia-Belgia 1x), living cost (1200€/bulan), tuition fee, basic insurance, settlement allowance, book allowance, family allowance (syarat ketentuan berlaku), bench fee (doctoral degree).

Beasiswa LPDP dibuka setiap tahun. Syarat pendaftarannya hampir sama dengan beasiswa lainnya seperti mengisi formulir pendaftaran; melampirkan  ijazah pendidikan terakhir, kemampuan bahasa (IELTS/IBT TOEFL), surat izin belajar dari tempat bekerja; menulis essay tentang motivasi, study plan, rencana ke depan,  proposal penelitian (S3); dan yang paling penting adalah menandatangani kontrak bahwa kita akan pulang ke Indonesia setelah menyelesaikan study.

Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini juga cukup besar jika calon mahasiswa melampirkan conditional atau unconditional LoA dari universitas, namun hal ini tidaklah wajib. Untuk mendapatkan LoA sendiri, kamu bisa menghubungi jurusan di universitas masing-masing karena setiap prodi memiliki syarat yang berbeda. Hampir setiap tahun terdapat perubahan jadi jangan ragu ragu untuk selalu update informasi terkini di website resmi LPDP.

Seleksinya terdiri dari seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer, dan seleksi substansi (LGD, on the spot essay writing, wawancara). Setelah serangkaian seleksi ini, calon penerima beasiswa yg terpilih pun wajib mengikuti persiapan keberangkatan (PK) sebelum berangkat ke negara tujuan studi.

Catatan: jumlah bantuan finansial beasiswa ini merupakan data terbaru 2017-2018 (*)

Penulis: Anggarani F. (VLIR-OUS, Erasmus), Fathyah Hanum P. (Ghent Uni Top Up Grants), Sastri Anindita (LPDP)

Editor: Yana