Studi di Belgia sudah selesai dan kamu memutuskan untuk kembali ke Indonesia? Hal-hal di bawah ini perlu diperhatikan ketika akan pergi dari Belgia for good.

Ketika mempersiapkan kepulangan ke Indonesia setelah masa studi di Belgia berakhir, ada beberapa hal formal yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Melapor ke Gementee dan menyerahkan ID card
  2. Melapor ke asuransi
  3. Menutup akun bank
  4. Melapor ke KBRI

Selain hal-hal formal di atas, ada beberapa poin yang juga perlu diperhatikan, yaitu

  • Membawa pulang barang ke Indonesia
    Jika membeli alat elektronik baru di belgia senilai lebih dari 500 USD, seperti laptop atau ponsel, akan ada pajak yang dikenakan. Alat elektronik tersebut harus didaftarkan nomor IMEI-nya. Jika tidak, SIM card tidak akan bisa digunakan. Selain itu, di bandara terkadang juga diadakan random check. Selain alat elektronik, barang-barang lain (yang masih dalam kemasan) yang ditemukan oleh petugas random check juga berpotensi terkena pajak.
  • Mengirim barang ke Indonesia
    Jika barang yang ingin dibawa ke Indonesia terlalu banyak, bisa menggunakan opsi pengiriman menggunakan kargo. Beberapa jasa pengiriman yang sering digunakan adalah Trapindo dan PulangKampung. Sama seperti membawa pulang barang naik pesawat, pengiriman menggunakan kargo juga berpotensi mendapat random check. Dari pengalaman salah satu alumni yang mengirimkan barang menggunakan kargo, ada beberapa kardus yang dibuka, dan beberapa barang ada yang diambil. Sehingga pengiriman menggunakan kargo disarankan hanya untuk barang yang tidak berharga dan sudah dibuka segelnya.