Mecari kebutuhan di Belgia tidaklah susah, apalagi jika kamu rajin mengelilingi kota maka kamu akan menemukan harga yang lebih murah. Berkaitan dengan kebutuhan daging halal, hampir di tiap kota terdapat halal butcher (bisa di-google), kecuali mungkin di kota kecil. Jadi, apabila perlu, kamu memang harus ke kota agak besar.

Berikut kami rangkum, toko-toko favorit yang mungkin berguna untuk mencari keperluan harian kamu!

Supermarket Franchise

Colryut, Delhaize dan Carrefour masuk dalam kategori supermatket besar dan menjual barang harian seperti daging, ikan, minuman, tisu, berbagai sabun, peralatan tulis, barang eletronik kecil dan lainnya.  Persis supermarket besar lainnya di Indonesia. Perbedaannya adalah di harga, brand barang yang ditawarkan dan konsep supermarketnya. Di Delhaize dan Carrefour, kamu bisa mendapatkan lebih banyak variasi brand dan produk. Sementara di Colryut, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan variasi produk yang tidak terlalu beragam.

Nah untuk kebutuhan grocery lainnya, ada beberapa supermarket lainnya seperti Albert Heijn (biasanya di daerah Flanders), LIDL dan ALDI. Kami mahasiswa yang ada disini sudah melakukan survey, bahwa supermarket terbanyak diskonnya ada di Albert Heijn. Lalu, kalau kamu mau beli snacks, biskuit, cereal, keju dan yoghurt, lebih baik ke LIDL, tanpa diskon disana sudah murah. Atau ALDI untuk pilihan berbagai kebutuhan pangan dan juga sandang yang muncul musiman (kadang ada kadang nggak), seperti baju tidur, selimut, piring makan, dll.

Supermarket Asia dan Arab

Brussels

Untuk wilayah Brussels, terdapat supermarket Asia bernama Kam Yuen yang menjual produk Indonesia, Jepang, Thailand, dll. Ya, namanya saja supermarket asia! Letak supermatket ini, dekat dengan Brussel Centrum, tepatnya di daerah De Brouckere (dengan Metro turun di De Brouckere, atau bus 71). Jadi, untuk yang kangen Indomie, tempe, tahu, cabe cengek domba (yang oranye kerdil dan pedas), kemiri, hingga bawang goreng bisa langsung datang kemari. Terkadang mereka juga menjual rambutan, durian dan buah tropikal lainnya.

Selain itu juga terdapat supermarket Arab bernama Pit Stop di daerah Etang Noire yang bisa diakses juga dengan Metro. Di sini kamu bisa membeli daging-daging halal, sayur dan mayur yang jauh lebih murah, bumbu masakan halal, berbagai macam herbal, roti, teh khas arab, dll.

Leuven

Supermarket asia paling besar di Leuven bernama Circle. Letaknya tidak jauh dari Leuven Centrum, tepatnya di sebelah Hotel Ibis Leuven Centrum di jalan Brusselstraat. Di sini kamu bisa menemukan produk yang biasa kita konsumsi di Indonesia juga seperti pocari sweat, bolu pondan, ikan teri, daun pandan, daun jeruk, dll.

Terdapat juga toko asia kecil lainnya, di sepanjang jalan tersebut seperti New Everest, Everest, Asian supermarket, dll. Di toko-toko kecil ini memang pilihannya tidak selengkap di Circle tapi terkadang harganya bisa lebih murah, jadi sering-sering saja membandingkan harga supaya bisa lebih hemat 🙂

Antwerpen

Kalau ingin berburu bumbu Asia terutama mengobati kangennya lidah Indonesia, kamu bisa jalan-jalan di Chinatown yang ada di Antwerp. Ada banyak Asian Store yang berjajar (sekaligus Restoran Asia, mostly China sih).

Toko favorit adalah Sun Hwa karena mereka menyediakan banyak pilihan bumbu dan produk Asia (dan paling lengkap!). Bahkan etalasenya sudah terbagi antara Jepang-Korea dan China-Indonesia-dan lainnya. Disini kamu juga bisa bertemu dengan kasir orang Indonesia lho!

Lalu, kalau mau yang cepat dan lebih murah (beda sekitar 3cent – 1euro) ada di toko Sheing Thai. Tidak selengkap Sun Hwa, namun harganya lebih murah (terutama cabai! dan Indomie yang lebih murah 3 cent).

Hasselt

Di Kota Hasselt sendiri saat ini terdapat 2 toko Asia, yang kami sebut sebagai toko Thailand (lokasinya ada di dekat stasiun Hasselt) dan toko Vietnam (lokasinya di dekat Stadsmuseum Hasselt). Tetapi kebanyakan anggota PPI Hasselts lebih memilih untuk pergi ke negara tetangga alias ke kota Maastricht untuk membeli segala kebutuhan dan mengobati rasa rindu dengan masakan Indonesia, karena lebih banyak pilihan produknya dan juga dekat.

Di Maastricht terdapat toko Amazing Oriental yang letaknya di Mosae Forum (cukup naik 20a dan kita akan langsung tiba disana). Produk yang dijual bisa dibilang sangat lengkap, mulai dari aneka sambal, tempe, berbagai bumbu jadi, aneka sayuran seperti kangkung, pare, dll. Bahkan disana juga menjual dawet, makanan ringan seperti keripik kentang atau kacang-kacangan, dan beberapa jenis obat/minyak seperti minyak kayu putih.

Harganya cukup terjangkau dan ketersediaan produknya cukup banyak sehingga jarang sekali kehabisan barang tsb. Oh iya, uniknya di sana juga menjual makanan seperti kering ikan teri, kering tempe, nasi uduk siap makan, dan sejenis ikan pepes atau ikan pedas. Jika ada yg kangen dengan buah eksotik seperti durian, disini juga ada loh.

Gent

Kalian di Ghent tapi rindu makanan Indonesia? Nggak perlu khawatir. Kalian bisa mendapatkan bahan-bahan khas Asia dengan mudah di Ghent. Terdapat setidaknya empat toko Asia di Ghent, mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang cukup mahal, yaitu â€˜Suan Thai’, ‘Thai Center’, ‘Dun Huang’.

Selain ketiga toko tersebut terdapat pula toko â€˜Asia Africa’ yang menjual bahan-bahan segar seperti cabai dan rempah-rempah yang mungkin kalian perlukan untuk memasak hidangan khas Indonesia.

Halal Butcher

Brussels

Untuk keperluan masakan halal, bumbu, kaldu, daging-dagingan yang lengkap bisa didapatkan di Pit Stop (lihat sesi Supermarket Arab/Asia). Tetapi toko yang hanya menjual daging-daging halal juga sangat banyak dan bertebaran dimana saja, tergantung tempat tinggal kamu.

Di Elsene/Ixelles, terdapat kurang lebih empat halal buthcer yang bisa dicapai dengan bus, tram atau berjalan kaki. Salah satunya, butcher El Moutaki Bilall-abdallah yang berada di jalan Rue Malibran (bus 95 atau 71 turun di Blyckaerts).

Silahkan cek di google maps untuk pilihan halal buthcer di daerah kamu. Jangan lupa baca review nya ya!

Antwerpen

Untuk daging (ayam dan sapi) Halal, bisa ditemukan di Delhaize dan Albert Heijn. Selain itu, ada beberapa toko pemotongan daging halal yang daerahnya bersebelahan dengan Chinatown. Daerah ini daerah yang banyak Muslimnya juga. Salah satu favorit kami adalah Slagerij Kasabi. Selain halal, lengkap, dan pelayannya ramah, harganya pun cenderung lebih murah dibanding tempat penjualan daging lainnya!

Leuven

Bruselsestraat bukan hanya ramai oleh penjual toko asia, tapi juga diramaikan dengan beberapa toko daging Halal. Toko daging halal favorit mahasiswa Leuven adalah Slagerij Fontein, disini kamu bisa mendapatkan berbagai jenis daging halal segar, sosis, kaldu, olahan daging halal dan ayam panggang. Selain itu ada sebuah toko daging halal baru yang bernama Slagerij Babylon yang bisa menjadi opsi lain walaupun tidak selengkap di Slagerij Fontein. Ada juga Beenhouwerij Mediterranee di Maria Theresiastraat. Jika kamu mau mencari sosis kemasan, daging kornet halal dll, kamu juga bisa mengunjungi beberapa supermarket timur tengah seperti Exotic World di Bruselstraat dan sebuah supermarket arab di Naamsestraat.

Hasselt

Untuk toko daging halal, di kota Hasselt hanya ada satu toko yg sekaligus merangkap supermarket karena juga menjual sayur, sembako, dan kebutuhan untuk bersih-bersih alias sabun, dan lain-lain. Nama toko tersebut adalah Eurofood dan terletak di Runkst (daerah di belakang stasiun Hasselt). Jika kalian hendak mencari alamat toko ini di peta, cukup ketikkan saja KBC Runkst, nah toko ini ada di dekatnya.

Pilihan toko daging halal lain ada di kota Genk, salah satunya terletak dekat dengan C-Mines atau jika pergi ke Maastricht, kita juga bisa membelinya di supermarket Jumbo yang ada di samping toko Amazing Oriental. Setiap hari Jumat, saat ada open markt di Maastricht kita juga bisa membeli daging ayam halal di salah satu kios yg terletak dekat dengan monumen Standbeeld van Minckeleers (dekat dengan bagian ikan).


Penulis: Dea, Gandhi, Yana, Rani