Sebagai mahasiswa, tentunya kita menginginkan tempat tinggal yang nyaman dan aman demi kelancaran studi di negara asing. Kriteria selanjutnya seperti harga, fasilitas, jarak dan lain-lain tentunya dipertimbangkan berdasarkan prioritas dari individu itu sendiri. Tetapi memang benar, bahwa harga hunian di kota besar jauh lebih mahal dibandingkan harga hunian di kota kecil.

Pembayaran sewa tempat tinggal, pada umumnya dilakukan perbulan. Akan tetapi kontrak penyewaan, pada umumnya adalah setahun, namun ada kemungkinan untuk 3-6 bulan saja.

Jenis Hunian untuk Mahasiswa

Berikut tipe jenis kamar yang terdapat di pasaran rooms to rent yang dikelola oleh berbagai pihak, pribadi ataupun kampus :

  1. Student Room ini sedikit mirip dengan kos-kosan di Indonesia dimana kamu menyewa sebuah kamar untuk sendiri atau pun berdua, difasilitasi dengan shared kitchen dan bathroom. Jika menyewa student room asrama kampus, di setiap lantai terdapat 4 – 8 kamar dengan 1 dapur dan beberapa kamar mandi, akan tetapi jika kamu menyewa dengan penduduk setempat, biasanya jumlah kamar tidak sebanyak itu. Meskipun jarang ditemukan, ada juga student room yang memiliki kamar mandi dalam.
  2. Studio/Flat merupakan sebuah kamar yang relatif besar, dimana pada sudut kamar ini terdapat kamar mandi dalam dan juga dapur, biasanya sudah dilengkapi dengan tempat cuci piring dan sebuah kompor. Ada beberapa kampus yang menyewakan studio atau flat, namun kebanyakan jenis hunian ini disewakan oleh penduduk setempat.
  3. Appartement layaknya rumah, terdiri dari beberapa ruangan berdinding terpisah berupa kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruang keluarga (ruang tamu). Hunian tipe ini tidak jarang digunakan oleh mahasiswa yang membawa keluarga saat menempuh study. Perlu diingat bahwa menyewa appartement memberikan tanggung jawab yang lebih pada penyewa dibandingkan hunian lainnya, seperti biaya air, listrik, gas dan asuransi hunian.

Mencari tempat tinggal yang sesuai memang tidak lah mudah, terlebih lagi apabila kamu masih berada di Indonesia. Untuk memudahkan pencarian kamu, silahkan menghubungi PPI Belgia ataupun PPI kota di Belgia, atau bisa mengecek sendiri di situs berikut:

Brussels (room, studio)

Brik Mykot

Brukot

Antwerpen (room, studio)

Immoweb

Student Room

Student Kot

Sementara untuk hunian yang dikelola oleh pihak kampus, yakni asrama, dapat kamu akses di situs universitas masing-masing. Kondisi kamar asrama sangat bervariasi dengan harga yang relatif murah dengan fasilitas yang sudah tersedia, seperti tempat tidur, lemari dan meja belajar.

Tanda Tangan Kontrak Tempat Tinggal

Setelah tiba di Belgia dan menemukan apartment/student room, pastikan bahwa kamu menerima dan membaca kontrak tempat tinggalmu dengan teliti. Tidak hanya memperhatikan jumlah pembayaran dan tanggal pembayaran namun juga hal berikut :

Inclusion tempat tinggal di Belgia untuk student room biasanya meliputi tempat tidur dan matras, lemari, meja belajar dan kursi, serta satu sink di pojok kamar.  Tips : di hari pertama cek dan foto lah kondisi kamarmu. Terlebih lagi apabila ada cacat di kamar, furniture, dll, kemudian diskusikan dengan landlord untuk menghindari kamu di-charge kerusakan yang  diakibatkan oleh penghuni sebelumnya.

Extra payments kadang berupa pembayaran air, sampah, WiFi, listrik dll yang dibayar biasanya perbulan bersamaan dengan pembayaran kamar. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan sistem hitungan pertahun dimana landlord akan mencatat data pemakaian air dan listrik ketika kamu masuk dan nantinya ketika kamu keluar.

Deposit sewajarnya setara dengan 2 atau 3 bulan biaya kontrak dan akan dikembalikan kepada kamu ketika kontrak selesai. Pastikan sistem penyimpanan deposit tersebut. Biasanya deposit dibekukan di bank dan dapat diberikan kembali tepat atau beberapa hari setelah kontrak selesai. Tips : Hindarilah landlord dan komunikasi yang mencurigakan.

PENTING: Status hunian sangat perlu diperhatikanpenting dalam pencarian tempat tinggal, ada landlord yang mau dan tidak memberikan ijin untuk pemakaian alamat gedung sebagai alamat resmi untuk kita. Pastikan apakah tempat tinggalmu bisa digunakan sebagai alamat resmi untuk residence permit kamu, sehingga kamu bisa mengurus Belgian Foreigner ID dengan alamat ini.


Sumber: Link terkait di atas

Kontributor: Lufi, Shofi

Penulis: Yana