Selamat! Kamu sudah berhasil menjejakkan langkah di negeri cokelat Praline. Jadi, apakah langkah selanjutnya? Apa saja yang perlu kamu ketahui dan kamu lakukan agar bertahan dengan segala macam sistem di Belgia? Simak baik-baik uraian di bawah ini (silahkan klik tautan berikut ini untuk membaca halaman lanjutan topik tersebut).

Mengurus Kartu Identitas Belgia

Tempat Tinggal

Transportasi Umum

Mencari Keperluan Harian di Belgia

Kembali ke Indonesia for good

Kunjungi International Student Departement di Kampus

Kunjungan ke departemen ini sangat berguna karena mereka akan memberikan informasi tentang daftar ulang, rekening bank, tempat tinggal, asuransi dan lain-lain.

Jika kamu mendapatkan beasiswa, maka prosedur pencairannya dapat dikosultasikan langsung di sini. Jika belum memiliki asuransi, pada umumnya kamu akan diberikan bukti pengurusan asuransi Belgia di kantor ini atau di kantor perwakilan asuransi tersebut di kampusmu.

Apabila kamu membiayai kuliah sendiri dan menggunakan sistem blocked account untuk biaya hidup di Belgia, pastikan kapan transfer bulanan pertama akan dilakukan.

Daftar Ulang ke Kampus

Syarat untuk daftar ulang masing-masing kampus bisa jadi berbeda, tergantung jurusan dan universitas. Akan tetapi, biasanya kamu akan diminta menyerahkan seluruh dokumen yang sebelumnya digunakan untuk melamar ke universitas tersebut, dan tentu saja yang sudah dilegalisasi di Indonesia.

Pada dasarnya untuk tahun pertama daftar ulang ini, kamu harus membawa LoA (Letter of Acceptance), LoG (Letter of Guarantee), Paspor yang melampirkan Student VisaHealth Insurance yang diakui Belgia (atau bukti sedang mengurus asuransi tersebut) dan dokumen lainnya seperti ijazah, transkrip nilai yang dilegalisir, sertifikat IELTS/TOEFL, dll.

Dari sini kamu akan menerima registration proof / school certificate berupa surat atau semacam kupon (seukuran kertas cek) yang menyatakan bahwa kamu terdaftar sebagai mahasiswa di tahun akademik tersebut. Selang beberapa hari atau minggu, kamu akan mendapatkan kartu mahasiswa.

Tips : Sebaiknya persiapkan kopian school certificate tersebut untuk berbagai keperluan dan diskon khusus mahasiswa. Jaga-jaga apabila hilang atau kehabisan, tapi bisa juga minta dicetak ulang.

Membuka Rekening Bank Belgia

Untuk membuka rekening di bank umum, kita harus menunjukkan Belgian Foreign ID (Residence Card). Tetapi, tiap universitas mempunyai bank sebagai partner mereka. Banyak mahasiswa internasional yang memutuskan untuk membuka rekening di bank partner kampus karena bank tersebut meringankan persyaratan.

Dokumen yang diperlukan seperti: bukti registrasi sekolah, bukti telah memulai pengurusan izin tinggal (residence permit), paspor dan kontrak tempat tinggal untuk pendataan alamat.

Asuransi Belgia untuk Mahasiswa

Pada umumnya, di tiap kampus terdapat cabang asuransi sehingga mahasiswa dapat dengan mudah untuk mengurus, bertanya, bahkan untuk melayangkan komplain. Asuransi yang diperlukan adalah asuransi kesehatan yang diakui oleh sistem sosial di Belgia.

Keuntungan dari mengurus asuransi di Belgia adalah memudahkan mahasiswa saat memerlukan perawatan kesehatan atau pengobatan karena tagihan kesehatan tidak perlu dikirim ke Indonesia. Pengembalian klaim (reimbursement) relatif cepat karena berada di satu negara dan secara otomatis sudah terintegrasi ke ID kamu. Adapun, dokumen yang diperlukan antara lain, bukti pengurusan asuransi, bukti pengurusan ID, paspor dan data rekening bank Belgia kamu. 

Biaya rata-rata asuransi untuk mahasiswa adalah ±€11 per bulan. Pembayaran ini bisa dilakukan pertiga bulan ataupun sekali untuk setahun lamanya.

Lapor Diri di KBRI

Melaporkan diri di KBRI merupakan kewajiban seorang WNI ketika sedang menetap di luar negeri. Oleh sebab itu, PPI Belgia sangat menekankan kepentingan daftar diri ini untuk kenyamanan bersama.

Kamu tidak seorang diri di tanah asing, ada orang Indonesia lainnya sebagai keluargamu di sini. Selengkapnya bisa diakses di link ini.

Kartu dan Nomor GSM Belgia

Ketika tiba di bandara, kamu dapat langsung membeli SIM card di kios-kios provider. Tidak ada perbedaan harga di bandara dengan di luar. Namun jika kamu ingin membeli di luar, kamu akan mendapatkan lebih banyak pilihan provider yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti BASE, Lyca, Proximus, Mobile Vikings, dan lainnya.

Ada dua cara untuk mendapatkan SIM card, yakni melalui pesan online atau beli di toko seperti agen resmi dan night shop. Perlu diingat bahwa untuk mengaktifkan nomor seluler ini, kita memerlukan data Belgian ID atau paspor.

Konversi SIM (Driving License)

Jika di Indonesia, kita mengenal ada SIM A (untuk mobil) dan SIM C (untuk sepeda motor). Di Belgia, SIM Indonesia yang diakui hanyalah SIM A (mobil) yang harus dikonversikan menjadi Driving License Type B (mobil dan motor 50cc ke bawah). Konversi ini bisa dilakukan dengan berkonsultasi ke pihak pemerintah kota (gemeente/commune) setempat.

Apabila kamu memiliki SIM internasional dari POLRI di Jakarta, konversi tidak diperlukan. (Rani, Bekti)


Sumber:

KU Leuven page – https://admin.kuleuven.be/personeel/english_hrdepartment/international_staff/first_steps_upon_arrival

VUB Page – http://www.vub.ac.be/en/phd/enrolment