Setelah daftar ulang di kampus, kamu bisa mulai mendaftarkan diri di city hall  (gementee untuk wilayah Flanders; commune untuk wilayah Wallonia) di daerah kamu menetap untuk mengurus residence permit. Idealnya, berdasarkan peraturan dan hukum di Belgia, kamu harus mulai melakukan proses ini dalam kurun 8 hari setelah tiba di Belgia.

Adapun berkas yang kamu perlukan untuk kunjungan pertama itu selayaknya dikeluarkan dalam 3 bulan belakangan. Berkas-berkas tersebut adalah bukti registrasi sekolah (atau LoA), paspor dan visa, kontrak tempat tinggal, LoG (bukti beasiswa atau bukti pembiyaan hidup) dan 3-5 lembar foto ukuran paspor latar putih (4 x 5 cm).

Setelah pertemuan pertama ini, kamu akan menerima sebuah surat yang menyatakan bahwa kamu telah memulai dan sedang dalam proses mengurus ID tersebut, yang disebut Annex 15.

Perlu diingat bahwa peraturan dan prosedur di setiap city hall berbeda, ada yang bisa daftar diri online, ada yang harus membuat janji dahulu, ada pula yang bisa langsung datang dan mengantri. Inilah kenapa berkonsultasi dengan departemen yang mengurus International Student menjadi penting, mereka senantiasa akan memberikan arahan bahkan membantu untuk membuat janji dengan city hall.

Proses untuk mendapatkan Belgian Foreigner ID ini tidak hanya sekali urus. Jadi jangan khawatir, karena pihak city hall yang akan menjelaskan langkah selanjutnya. Kamu juga harus membayar beberapa fee administrasi untuk pengurusan ID ini.


Kontributor: Febri, Iqram

Penulis : Yana